Selasa, 17 Oktober 2017

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran.- merupakan sebuah tempat wisata andalan Kabupaten pangandaran (pemekaran dari kabupaten ci amis) yang terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di pulau jawa.


Tentang Pantai Pangandaran, Jawa Barat Indonesia

Kabupaten Pangandaran
Berada di Selatan Jawa Barat dengan ibu kota Parigi. Sebuah kabupaten hasil dari pemekaran Kabupaten Ciamis, memiliki banyak destinasi tujuan Pariwisata dan saat ini Pemerintah Daerah sedang berpacu untuk terus membuat Kabupaten Pangandaran ini lebih di kenal di mata Nasional maupun Internasional.

Pangandaran berawal dari sebuah cerita yang di ambil dari kata Pangan dan Daran yang memiliki arti Pangandaran = Makanan dan Daran tempat bersandar nya para Pendatang. Dan menjadikan Pangandaran menjadi sebuah daerah bagi para pendatang, berada di selatan Jawa Barat.


Sejarah dari Pangandaran

Para sesepuh terdahulu memberi nama Desa Pananjung, menurut para sesepuh dahulu disamping terdapat tanjung didaerah ini banyak terdapat keramat dibeberapa tempat. Pananjung artinya dalam bahasa sunda Pangnanjung-nanjungna (paling subur atau paling makmur)
Pada tahun 1922 jaman atau masa penjajahan Belanda oleh Y. Everen, Presiden Priangan pada waktu itu Pananjung dijadikan taman baru, pada saat melepaskan seekor banteng jantan, tiga ekor sapi betina dan beberapa ekor rusa.
Karena memiliki keanekaragaman satwa dan jenis – jenis tanaman langka, agar kelangsungan habitatnya dapat terjaga maka pada tahun 1934 Pananjung dijadikan suaka alam dan marga satwa dengan luas 530 Ha.  Pada tahun 1961 setelah ditemukannya Bunga Raflesia padma status berubah menjadi cagar alam.

Dengan meningkatnya hubungan masyarakat akan tempat wisata maka pada tahun 1978 sebagian kawasan tersebut seluas 37, 70 Ha dijadikan Taman Wisata.  Pada tahun 1990 dikukuhkan pula kawasan perairan di sekitarnya sebagai cagar alam laut (470,0 Ha) sehingga luas kawasan pelestarian alam seluruhnya menjadi 1000,0 Ha.  Perkembangan selanjutnya, berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. 104?KPTS-II?1993 pengusahaan wisata TWA Pananjung Pangandaran diserahkan dari Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam kepada Perum Perhutani dalam pengawasan Perum Perhutani Unit III Jawa Barat, Kesatuan Pemangkuan Hutan Ciamis, bagian Kemangkuan Hutan Pangandaran.


Destinasi wisata di pantai pangandaran

Sebagai salah satu wisata air ter-favorit di jawa barat memiliki banyak pilihan tempat wisata air yaitu:

  • pantai timur
Berada di semenanjung Barat membuat Pantai Timur menjadi pilihan cocok untuk berlibur keluarga, selain berenang, Wsatawan dapat menaiki kapal untuk menuju taman laut untuk menikmati Snorkling dan memancing. Pantai yang indah ini juga dikelilingi cagar alam yang mana menjadi habitat satwa  lokal. Seperti  monyet, rusa, kebo, dan banteng yang akan menjadi daya tarik lebih untuk anda mengunjungi tempat wisata ini. Curug Pananjung, bunga Rafflesia Arnoldi, dan lapangan banteng adalah spot paling menarik di cagar alam tersebut. Merupakan tujuan terbaik untuk olahraga air yang lebih ekstrem, seperti jet ski dan banana boat. Selain pesona laut, Pantai Timur juga memiliki pusat seafood dan pasar ikan segar terbaik di Pangandaran.

  • Pantai Barat 

Salah satu icon utama di pantai pangandaran yaitu dengan hamparan pasir putih yang menjadi destinasi terbaik bagi keluarga berlibur untuk menikmati pantai dengan bersantai dan bermain pasir disini. Berenang,berphoto serta becarnada gurau bersama keluarga akan terasa indah berada di pantai ini, selain itu Pantai barat ini menjadi paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Karena berhampar pasir putih yang indah membuat banyak orang seras berada di bali dengan semua keindahan dan elokan pantai disini.

  • Green Canyon atau Cukang Taneuh
Terletak di Desa Kertayasa – Cijulang (31 km dari Pangandaran), Green Canyon mengajak wisatawan menyusuri celah 2 tebing batu dengan perahu berkapasitas 6 orang di atas sungai yang mengalir menuju gua. Pemandangan bagaikan surga berwarna serba hijau berkilau siap menemani wisatawan selama penyusuran ini.

  • Pantai Batu Hiu

Kenapa dinamakan Batu Hiu ? Alasannya karena di pantai ini terdapat sebuah batu yang berbentuk seperti sirip ikan hiu. Pantai ini terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, kurang lebih berjarak 15 Km sebelah barat kawasan Wisata Pangandaran.

  • Citumang

Citumang Pangandaran merupakan salah satu destinasi wisata dari seluruh destinasi yang ada di Pangandaran. Dewasa ini objek wisata citumang tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal tetapi juga telah banyak di kunjungi wisatawan dari mancanegara sehingga kini namanya menjadi Green Valley Citumang agar lebih mendunia.

  • Goa Lanang

Goa Lanang berawal dari sejarah Prabu Anggalarang mendapat julukan sebagai pangeran lanang yang berada di dusun cikawung, desa selasari, kecamatan Parigi, Pangandaran. Dia kemudian memilih goa untuk dijadikan sebagai tempat untuk pemerintahannya. Maka dari itulah, sampai sekarang goa tersebut disebut dengan sebutan goa lanang.

  • Jojogan

Pada mulanya Jojogan hanya tertuju kepada dua lokasi yaitu Kedung Bunder dan Crug Jojogan. Wisatawan yang hany untuk berenang, setelah dikembangkan sekarang ini jojogan ternyata memiliki potensi wisata lain, diantaranya : Goa Lawan, Kali Numpang, Kedung Cilik, Kebun Anggrek, Jeep Off Road semua potensi wisata tersebut di kembangkan sehingga dari hari ke hari jumlah kunjungan wisata ke Jojogan terus meningkat yang akhirnya agar lebih familiar nama jojogan berubah menjadi Wonder Hill Jojogan agar lebih di kenal oleh Dunia.

  • Taman Nasional Cagar Alam

Dilihat dari sejarahnya Cagar Alam Pangandaran dahulunya merupakan  Kawasan Konservasi Sumber Daya Alam Pangandaran semula merupakan tempat perladangan penduduk. Tahun 1922, ketika Y. Eycken menjabat Residen Priangan, diusulkan menjadi Taman Buru. Pada waktu itu dilepaskan seekor Banteng, 3 ekor Sapi Betina dan beberapa ekor rusa. Karena memiliki keanekaragam satwa yang unik dan khas serta perlu dijaga habitat dan kelangsungan hidupnya maka pada tahun 1934, status kawasan tersebut diubah menjadi Suaka Margasatwa dengan luas 530 ha. Tahun 1961, setelah ditemukan bunga Raflesia Fatma yang langka, statusnya diubah lagi menjadi Cagar Alam. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan tempat rekreasi, maka pada tahun 1978, sebagian kawasan tersebut (37,70 ha) dijadikan Taman Wisata. Pada tahun 1990 dikukuhkan kawasan perairan di sekitarnya sebagai Cagar Alam Laut (470 ha), sehingga luas seluruhnya menjadi 1.000 ha.

  • Santirah River Tubing



Santirah atau yang lebih dikenal dengan nama Green Santirah merupakan tempat wisata baru yang ada di Pangandaran, tetapi meskipun baru bukan berarti santirah sepi pengunjung Semenjak dipopulerkan pada bulan Maret 2014 Sungai Santirah telah banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Sungai Santirah yang terletak di Desa Wisata Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran ini merupakan Objek Wisata yang dibuka oleh Pemuda Karang Taruna dan warga disekitar Desa Wisata Selasari. Bila wisatawan kurang berani dengan arus sungai Green Canyon yang deras maka Paket Santirah Body Rafting dapat menjadi solusinya. Selain lebih aman dari segi arus sungai, Pemandangan yang disuguhkan pun tidak kalah asri. Terlebih dengan ditambah hamparan sawah yang hijau semakin menambah keasrian tempat wisata ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates